apa itu tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Tokopedia turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah satu program kolaborasi yang diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan sejak bulan Maret 2018.

Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

Pada tahun 2016, Tokopedia menghadirkan produk teknologi finansial. Produk fintech Tokopedia terdiri dari dompet digital, investasi terjangkau, kredit modal bisnis, kartu kredit virtual, produk proteksi, skoring kredit berdasarkan data untuk produk pinjaman, investasi, serta layanan keuangan lainnya.

Pada tahun 2017, Tokopedia meluncurkan produk Deals untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan penawaran terbaik dari delapan kategori, termasuk Travel dan Activity. Produk ini dimaksudkan untuk membantu bisnis offline melebarkan sayap mereka secara online melalui Tokopedia.

Pada tahun 2019, Tokopedia meluncurkan jaringan Gudang Pintar bernama TokoCabang di tiga kota yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Layanan gudang ini bertujuan untuk membantu para penjual di marketplace tersebut dalam memenuhi pesanannya. Pada tahun yang sama, Tokopedia juga menghadirkan Tokopedia Salam, sebuah platform yang mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbagai pilihan produk dan layanan yang baik. Tokopedia Salam juga memiliki fitur halal filter yang membantu pengguna untuk menemukan produk halal secara mudah.

Tokopedia meraih penghargaan dalam ajang The Customer Experience (CX) Asia Excellence Awards 2020. Marketplace dari Indonesia berlogo hijau itu memboyong 3 gold dan 2 bronze dalam ajang tersebut.

Tokopedia meraih penghargaan peringkat gold dalam kategori Best Social Media Experience Award, Best Use Of CX Technology Award, dan Best Omni-Channel Experience Award. Sedangkan peringkat bronze diraih dalam kategori Best Brand Experience Award dan Best CX Personality Award.

Adapun sederet perusahaan yang mengikuti CX Asia Excellence Awards 2020 di antaranya CIMN Niaga, DBS Singapore, Shell, Wirex, United Overseas Bank (UOB), DHL Express Malaysia, Bajaj Allianz General Insurance, Indosat Ooredo, Lazada, Telkom Indonesia, dan lain sebagainya.

Pemberian penghargaan digelar secara virtual pada 21-25 September 2020 lalu. CX Asia Excellence Awards yang tahun ini merupakan ajang keenam diselenggarakan untuk mengapresiasi inovasi industri global dalam pelayanan dan pengalaman pelanggan.

Vice President Tokopedia, Kevin Mintaraga, menyampaikan, “Kami sangat mengapresiasi semangat BTS dan BLACKPINK dalam berkarya sekaligus menyebarkan pesan positif kepada masyarakat dunia. Kami percaya kolaborasi antara Tokopedia dengan BTS dan BLACKPINK bisa lebih membawa nama Indonesia ke panggung global.”

Sebelumnya, Tokopedia berkolaborasi dengan BTS sejak 2019 dan disambut antusiasme luar biasa. BTS, yang dinaungi Big Hit Entertainment, terdiri dari tujuh anggota, yaitu RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V dan Jung Kook, sukses mendunia dengan berbagai prestasi, salah satunya meraih nominasi Grammy.

Dalam kesempatan yang sama, terpilihnya BLACKPINK sebagai Brand Ambassador Tokopedia tidak terlepas dari pengaruh kuat para anggotanya, yaitu JISOO, JENNIE, ROSÉ dan LISA, di industri musik. Bahkan penampilan grup, yang dinaungi YG Entertainment, di acara Tokopedia Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show November 2020 lalu juga menarik perhatian penggemar di seluruh dunia.

Tokopedia berharap kolaborasi dengan BTS dan BLACKPINK dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk terus berjuang mewujudkan mimpi tidak terkecuali di tengah pandemi. “Sama seperti Tokopedia, BTS dan BLACKPINK. Walau menghadapi berbagai keterbatasan dan tantangan selama perjalanan, kami tidak pernah berhenti bermimpi dan mewujudkannya,” kata Kevin.

KELEBIHAN TOKOPEDIA

Ini adalah pengalaman netjurnal.com selama 3 tahun menggunakan Tokopedia untuk proses jual beli.

  1. Penampilan website adalah yang paling utama, dengan dominasi warna hijau yang terkesan segar dan simpel.
  2. Gratis, Gratis, Gratisss…!!
  3. Loading website cukup ringan, terutama di bagian halaman toko dan produk yang sangat minimalis tapi informatif.
  4. Loading website cepat ketika memang dalam kondisi normal.
  5. Tampilan antarmuka baik itu website dan aplikasi begitu simpel, sederhana dan jelas.
  6. Sering promo gratis ongkir, biasanya selama sebulan.

KEKURANGAN TOKOPEDIA

  1. Baik itu website maupun aplikasinya sering Error, mulai dari notifikasi nyangkut, notifikasi telat hingga lemot.
  2. Maintenance… Maintenance… Maintenance…
  3. Setelah maintenance walaupun hanya beberapa jam, tapi problem nya menyusul hingga 1 – 2 hari, mulai dari foto yang hilang, lemot dan ketidaksesuaian data toko.
  4. Tidak tersedia pilihan untuk mem-blacklist pembeli
  5. Terlalu banyak produk SPAM, produk yang harganya hanya 100 Rupiah, bukan bonus dan bukan harga asli, tapi hanya berisi info atau basa-basi saja, sehingga sangat menyusahkan pembeli ketika mencari barang dengan urutan termurah
  6. Dalam pencarian produk, penjual yang tidak aktif pun diikutsertakan.
  7. Verifikasi pembayaran untuk transfer manual termasuk lama, apalagi saat maintenance.

 

 

 

 

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20141210165312-185-17281/kisah-pendiri-tokopedia-yang-sempat-diremehkan/

https://inet.detik.com/cyberlife/d-5198343/tokopedia-raih-penghargaan-best-social-media-hingga-cx-technology

https://www.tokopedia.com/blog/2021-tokopedia-tunjuk-dua-brand-ambassador-sekaligus-bts-dan-blackpink/

http://netjurnal.com/2016/08/kelebihan-dan-kekurangan-tokopedia-untuk-jualan-dan-belanja.html